Anda yang penggemar kopi pasti senang mencicipi aneka cita rasa kopi khas Nusantara. Memang, harus diakui, beragam daerah di Indonesia memang sangat kaya biji kopi, sehingga banyak ragam kopi diproduksi dan dipasarkan ke berbagai tempat. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang kopi Semendo khas Sumatera Selatan?

Tidak perlu khawatir dianggap ketinggalan zaman jika belum pernah mendengar namanya. Meski belum setenar kopi lain dari berbagai daerah lain di Sumatera, kelezatan dan kenikmatan kopi Semendo tak kalah “menggigit” dengan kopi jenis lain. Setidaknya produksi kopi lokal di Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan Empat Lawang, Sumatera Selatan siap memanjakan lidah Anda dengan kenikmatan khas kopi Semendo.

Kopi Semendo sendiri ditanam di ketinggian 1.400 Di Atas Permukaan Laut (DPL) di perkebunan sekitar Gunung Dempo. Dengan begitu, wajar kualitas kopi Semendo sangat tinggi. Begitu pula dengan rasanya yang agak asam dan pahit khas kopi robusta, membuat banyak pihak menyatakan wangi aroma kopi ini sudah tercium, bahkan sebelum diseduh!

Mengapa dapat muncul kopi seenak Semendo di Sumatera Selatan? Tidak jadi hal yang mengherankan sebenarnya. Sebab daerah Sumatera Selatan memang daerah penghasil biji kopi cukup besar. Data tahun 2014 menunjukkan, produksi kopi mencapai 136.000 ton per tahun dengan areal luas kebun mencapai 256.000 hektar di seluruh Sumatera Selatan.

Dengan statistik demikian, sangat wajar jika produksi kopi di Sumatera Selatan diharapkan terus berkembang beberapa tahun mendatang. Apalagi penduduk sekitar Pagaralam, Lahat, Muara Enim dan Empat Lawang sendiri sudah menjalin hubungan harmonis dengan kopi sejak lama. Tradisi menjemur kopi di halaman rumah kerap dilakukan banyak penduduk sampai saat ini. Setelah itu, biasanya kopi langsung dijual ke pengusaha untuk diolah dan digoreng.

Menurut beberapa pengolah kopi di daerah tersebut, proses penggorengan kopi Semendo dilakukan dengan cara yang khas. Salah satunya menggunakan kayu bakar dengan api sedang. Itu menyebabkan cita rasa dan aroma kopi Semendo menjadi unik dan diburu para pecinta kopi.

Selain itu, satu hal lain yang membuat kopi Semendo layak diburu adalah bandrolnya. Harga kopi ini cukup wajar dan bersahabat di kantong sehingga Anda tidak perlu khawatir merogoh kocek dalam-dalam jika ingin mencicipinya.

Nah, jika Anda berkunjung ke Sumatera Selatan, jangan lupa belanja kopi Semendo yang mudah ditemukan di berbagai tempat ini, ya. Selain melengkapi berbagai bahan di dapur Anda, kopi Semendo juga cocok sebagai oleh-oleh bagi kerabat atau keluarga tercinta.

Tinggalkan Balasan